OKTOBER - Bulan Rosario

Posted by Admin 03 October 2015 12:54:00 Categories: Pesan Direktur Program

Rosario adalah suatu cara berdoa yang disebut devosi. Devosi itu adalah suatu cara beribadat resmi dalam Gereja tapi masih dibawah ibadat Sakramen. Keuskupan Agung Medan menghimbau umatnya untuk melakukan doa Rosario pada bulan Oktober. Banyak lingkungan yng berdoa Rosario secara teratur pada bulan Oktober. Malahan ada paroki yang di lingkungannya berdoa Rosario setiap hari selama bulan Oktober . Luar biasa! Bulan Oktober dianjurkan oleh Gereja agar kita berdoa Rosario sebanyak mungkin. Bukan berarti bulan bulan lain kita tak perlu berdoa Rosario. Kapan pun entah hari atau minggu atau bulan apapun  kita tetap dianjurkan  berdoa Rosario.

Tapi mengapa bulan Oktober dinyatakan Gereja kita sebagai bulan Rosario? Ada kaitannya dengan pertempuran di Lepanto di sekitar Laut Venesia. Tahun 1571  Raja Ottoman dari Turki menyerang Negara Negara Eropa, dianggap juga menyerang agama Kristen. Dari segi jumlah pasukan Katolik, yaitu pasukan Spanyol , Genoa dan Venesia kalah dari pasukan Turki. Komandan armada Katolik dari Austria yaitu John, berdoa Rosario untuk meminta pertolongan bunda Maria. Hampir semua umat Katolik Eropa berdoa Rosario memohon pertolongan Tuhan. Di Gereja Santa Maria Maggiore di Roma, bapak Paus Pius V dengan banyak umat tgl 7 Oktober 1571 berdoa Rosario untuk memohon bantuan Maria dalam keadaan gawat untuk Gereja. Mulai dari subuh sampai petang umat beriman di Roma tak berhenti berdoa Rosario  untuk kemenangan pertempuran di Lepanto. Nampaknya mustahil, tetapi rupanya pada akhirnya pasukan Katolik menang pada tgl 7 Oktober 1571. Kemudian Paus Pius V menetapkan Oktober menjadi bulan Rosario.

Berdoa Rosario merupakan cara berdoa yng cukup sederhana, dengan mengulang Salam Maria terus menerus, kita bisa memusatkan hati dan pikiran kepada Tuhan. Kita merasakan dengan berdoa Rosario kita didampingi bunda Maria, berdoa kepada Tuhan. Kita bisa melihat betapa banyak Rosario yang tergantung dileher orang, juga di rumah umat, malahan banyak juga yang tidak Katolik memakai Rosario bukan untuk hiasan tapi juga untuk menambah imannya kepada Tuhan.

Para pendengar Radio Maria yang terkasih. Mari kita usahakan ikut serta dalam berdoa Rosario . Radio Maria sendiri secara langsung berdoa Rosario dua kali setiap hari. Ketika waktu kita tidak cukup , atau mungkin kita tidak begitu dalam berdevosi Rosario, alangkah baiknya juga kita pada bulan Oktober ini kita mengusahakan kita berdoa Rosario. Saya sendiri menganjurkan untuk anak sekolah, ketika perayaan misa di sekolah Negeri. Kalau tak ada waktu untuk berdoa penuh Rosario, sekurang kurangnya doakanlah salam Maria 3 x satu hari, satu salam Maria sebelum berangkat ke sekolah, satu waktu pulang dari sekolah dan satu kali sebelum tidur. Ketika saya tanya apa kalian setuju dan mampu ? Mereka semua setuju dan mampu. Suatu usaha yang sangat minim. Tapi mungkin juga suatu langkah kecil untuk mencapai langkah besar. Semoga dalam bulan Oktober ini kita semakin meningkatkan rohani kita dalam devosi kepada Bunda kita  Maria.

P. Redemptus Simamora, OFMCap

Direktur Program Radio Maria Indonesia.

@RadioMariaIndonesia

Comments

Comments are closed on this post.